Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Install Dan Review Windows 11

Cara Install Dan Review Windows 11

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan besar sekelas Microsoft ini ?

Yang pastinya produk besutan Microsoft ini berhasil menguasai pangsa pasar di dunia.

Ada berita yang bocor ke khalayak ramai tentang Windows 11 ini sehingga mau tidak mau, pihak Microsoft mengklarifikasinya langsung di Web Resmi Microsoft.




Anda pun bisa mendapatkan file ISO Resmi dari Web Microsoftnya secara langsung atau yang ingin mencoba Windows 11 dari Link Kami silahkan Anda dapatkan pada akhir artikel.



Bagaimana Cara Mendapatkan Windows 11 Secara Legal Dan Resmi ?



Cukup mudah dalam mendapatkan Windows 11 secara Resmi dan legal. Sobat tinggal masuk ke program insider windows. Sebelum mengaktifkan dan mengikuti program insider, recheck terlebih dahulu Feature Windows Update. Silahkan aktifkan terlebih dahulu. Sesudah diaktifkan Feature Windows Updatenya, silahkan sobat Reboot / restart PC / Komputer / Laptop nya.
Sesudah PC / Komputer / Laptop sobat kembali nyala, masuk ke Settings --- Windows Update --- Update To Windows 11. Namun, ada cara lain untuk meng Up Windows 10 kita menjadi Windows 11 dengan Up via file ISO.


Cara Menjadikan Windows 10 menjadi Windows 11 dengan file ISO.




Silahkan sobat cari dan download terlebih dahulu file ISO Windows 11 nya. Sesudah mendapatkan filenya, silahkan Mount / Extract File ISO nya.

Klik Setup.exe dan selesaikan seperti halnya menginstall ulang atau lebih dikenal dengan Fresh Install. Namun, disini terdapat perbedaan. Jika meng Up via file ISO langsung, Data kita yang terdapat di Drive System ( biasanya di drive C: ) tidak akan hilang dan akan dipindahkan ke Folder Windows.old di akhir installnya. Kita bisa memilah dan memilih program / aplikasi apa saja yang ingin di Keep ( simpan ) yang terdapat di Windows.old nantinya.



Hal Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadikan Windows 10 Menjadi Windows 11.





Ada beberapa syarat sebelum menjadikan PC / Komputer / Laptop kita menikmati Windows 11 ini. Silahkan perhatikan Minimum System Requirements di bawah ini.


Minimum System Requirements Windows 11


- Processor 1 gigahertz (GHz) or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or System on a Chip (SoC)

- Memory 4 GB RAM

- Storage 64 GB or larger storage device

- System firmware UEFI, Secure Boot capable

- TPM Trusted Platform Module (TPM) version 2.0

- Graphics card DirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x Display > 9" with HD Resolution (720p)
Internet connection Microsoft account and internet connectivity required for setup for Windows 11 


Bagaimana Cara Mengaktifkan Features TPM version 2.0 ?



Ada 2 Cara dalam mengaktifkan Features TPM version 2.0 ini.


- Cara Pertama adalah dengan mengaktifkannya via BIOS.
Silahkan sobat, restart / reboot PC / Komputer / Laptop dan Masuk ke MODE BIOS.
Untuk masuk ke MODE BIOS, silahkan sobat Googling terlebih dahulu. Beda Motherboard / MOBO beda pula cara masuk BIOSnya.
Hal lumrah untuk masuk BIOS adalah dengan menekan DEL / F1 / F2 / Fn+F2 / F12.
Sesudah masuk BIOS, silahkan sobat aktifkan Featurenya dengan menuju Advanced Mode ( biasanya dengan menekan tombol F7 / sesuaikan dengan pilihan di BIOS ) --- Menu Settings --- Security --- Trusted Computing --- Security Device Support --- Enabled --- ESC --- Save And Reboot.


- Cara Kedua adalah dengan mengaktifkan via Registry Editor. Silahkan sobat Copy Paste Script Registry di bawah ini dalam Notepad dan Save dengan akhiran .reg.



Windows Registry Editor Version 5.00


[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup]
"BypassTPMCheck"=dword:00000001
"BypassSecureBootCheck"=dword:00000001






Sesudah di Merge File Registrynya. Restart / reboot terlebih dahulu PC / Komputer / Laptop kalian dan sekarang sobat bisa Up Windows 10 menjadi Windows 11.



Bagaimana Cara Install Windows 11 via Flash Disk ?



Mungkin untuk cara yang satu ini ada Trik yang simple ( Trik ini bisa bekerja untuk melewati TPM ( Untuk sebagian Motherboard yang tidak Support TPM ).


Silahkan sobat download terlebih dahulu aplikasi Rufus di web Resminya.
Klik Rufus.exe --- Abaikan Notice Update Rufus --- Pilih Flash Disk yang akan dijadikan Installer Windows 11 --- Silahkan Pilih Metode ( BIOS Legacy / UEFI ) --- Mbr / GPT --- NTFS --- Pilih Sources Windows 10 --- Klik Start dan Biarkan Prosesnya sampai dengan Selesai --- Close --- Eject Flash Disk --- Masukkan kembali Flash Disk Installer tadi --- Mount File ISO Windows 11 --- Copy file Install.wim / Install.esd yang terdapat di file Sources Windows --- Paste ke dalam file sources Flash Disk Installer Windows 11 yang telah dibuat.


Sekarang sobat sudah mempunyai Flash Disk Installer Windows 11 yang siap dipakai di Motherboard manapun tanpa pusing memikirkan bypass TPM.


Alat Instalasi sudah tersedia. Sekarang, silahkan sobat menuju ke Pengaturan BIOS --- Boot Priority --- USB drive ( Flash Disk ) ( Sebelum ke Pengaturan BIOS, tancapkan terlebih dahulu Flash Disk Installernya) --- ESC --- Save And Reboot.


Setelah Reboot akan muncul Black Screen dan Muncul Tulisan " Press Any Key To Boot From CD or DVD . . . " --- Klik sembarang tombol --- Muncul Menu Pilihan Install Windows ( Silahkan pilih Windows OS yang diinginkan ) --- Masukkan Serial Key ( jikalau punya lisensi Key Windows. Jika tidak punya = SKIP ) --- Pilih & Format HDD / SSD yang akan diinginkan --- Next --- Biarkan Proses sampai dengan Selesai --- Auto Reboot / Restart --- Masuk Windows --- Eject Flash Disk Installer --- Done.




File ISO Windows 11


Windows 11 Dev | | Windows 11 MOD Lite


Review Tentang Windows 11 versi Dev.


Baca Juga : Cara Membuat Gameloop 7.1 Portable




Versi Windows 11 ini lebih mengedepankan feature EASY LOOK EASY USE.

Kenapa Kami mengibaratkan begitu ?


Silahkan sobat install dan rasakan perbedaan dari segi UI nya yang mengkombinasikan antara tampilan MAC dengan LINUX OS. Tampilan UI disini memanjakan para penggunanya ditambah dengan feature-feature yang memudahkan kita dalam berkomunikasi.
Namun, dalam versi ini, tidak di include semua feature tersebut dikarenakan masih versi BETA alias Dev yang bocor ke public.
Amat disayangkan versi ini belum 100% final Build, jadinya masih terdapat BUG disana sini seperti Delaynya Open File Explorer, Transparancy dan Ketika Pengunaan tombol ALT+TAB serta belum support untuk permainan POINT BLANK Zeppetto.


Apakah bisa dijadikan Image Diskless ?



OS ini sudah support system Diskless dan bisa dijadikan Image Diskless. Bahkan lebih Smooth dari versi Windows 10.






Demikianlah pembahasan tentang Cara Install Dan Review Windows 11.


Apabila ada pertanyaan, saran serta kritik. Silahkan tulis di kolom komentar yang telah disediakan atau bisa langsung ke FansPage Resmi Azrael Community.




Regards,






Azrael Community
Open Comments

Post a Comment for "Cara Install Dan Review Windows 11"